Tren Digital Marketing 2017

Tren Digital Marketing 2017

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa digital marketing merupakan salah satu channel alternatif yang efektif dan efisien jika dibandingkan dengan channel-channel konvensional seperti media iklan di televisi hingga koran. Data terbaru yang dikeluarkan oleh Social Media Examiner melalui  2016 Social Media Marketing Industry Report menyatakan bahwa Facebook masih menjadi idola bagi para marketers untuk memasarkan produk/platformnya ke target konsumennya, dimana 86% marketers secara regular menggunakan platform ciptaan Mark Zuckerberg tersebut. Bahkan 63% dari marketers yang disurvei berencana untuk lebih meningkatkan penggunaan sosial media kedepannya. Sebenarnya, ada dua hal yang menjadi keuntungan menggunakan digital marketing selain dari sisi efisensi biaya. Yang pertama adalah bagaimana pemasaran digital dapat meningkatkan exposure dari sebuah produk dan yang kedua adalah pemasaran digital dapat menambahkan traffic dalam jumlah yang besar.

Mari sekilas kita lihat bagaimana Pokemon Go bisa sukses meraup 21 juta pengguna di US saja hanya dengan waktu 2 minggu melalui pemsaran yang viral, kemudian Microsoft yang sengaja membeli Linkedin dengan nilai $26 miliar dollar untuk mengintegrasikan sistem Sales Navigator CRM milik Linkedin agar mampu bersaing dengan Salesforce. Kita hidup di era teknologi dimana kita wajib memahami digital agar memiliki kemampuan untuk bersaing.

Apa Tren nya?

Virtual Reality

Perangkat VR akan menjadi salah satu alternatif yang akan digunakan untuk melakukan pengiklanan digital. Hal ini terbukti dengan semakin gencarnya perusahaan-perusahaan teknologi seperti Microsoft, Google hingga Facebook melakukan riset mengenai VR. Total pasar dari VR sendiri disebut-sebut oleh Infocrest akan memilki jumlah hingga $30 miliar. Besarnya ukuran pasar dari VR dapat memberikan kesempatan baru bagi digital marketer dalam meramu alternatif pemasarannya.

Geo Location

Sebenarnya Geo Location bukanlah sebuah teknologi yang anyar. Tetapi ini masih menjadi tren di tahun 2017. Dengan memberikan akses lokasi kepada sosial media atau penyedia telekomunikasi, maka bisnis-bisnis bisa mengidentifikasi konsumen terdekat secara real time dan memberikan promo, informasi hingga tawaran yang bisa membuat konsumen tertarik untuk melakukan pembelian. Penggunaan Geo Location dapat meningkatkan penjualan dan menambahkan brand awareness di mata konsumen.

Social Media

Seperti yang sudah didiskuskan diawal, Sosiak Media Marketing bakal tetap menjadi primadona dalam menjangkau konsumen. Sosial media mampu memberikan memberikan informasi yang lengkap mengenai konsumen dan calon konsumen yang potensial untuk dibidik. Selain itu, calon konsumen yang disasar pun dapat disesuaikan sehingga pemasaran dapat berjalan secara lebih efektif.

Dark Web

Tahukah kita bahwa segala informasi yang kita akses melalui Google hanya 3% dari seluruh informasi yang beredar. Masih banyak informasi dan konten-konten yang pengguna belum bisa akses secara luas karena masih minimnya pengetahuan mengenai Dark Web (dapat diakses menggunakan Tor). Tapi pada tahun 2017, Akan banyak pengguna mulai belajar untuk mengakses dark web dimana akan memberikan sebuah potensi yang besar untuk digital marketing.

Programmatic Advertisement

Mungkin masih banyak yang awam mengenai teknologi ini, Programmatic Ads adalah penggunaan software untuk melakukan pembelian sebuah iklan digital tanpa campur tangan manusia ataupun secara manual karena Programmatic Ads menggunakan sistem untuk membelinya. Cara ini akan lebih optimal karena menghapus proses yang sebelumnya membutuhkan negosiasi manusia yang dinilai tidak efisien.

Multi Device Ads

Pengguna tidak hanya akan menggunakan satu device dalam genggamannya, akan ada gadget lain seperti tablet, laptop hingga smartwatch dalam keseharian mereka. Memaksimalkan seluruh pengiklanan dalam devices tersebut dapat memberikan engagement yang lebih kepada konsumen.

Jangan Ketinggalan

Digital marketing bertumbuh dengan sangat cepat dan memberikan efek eksponensial terhadap sebuah bisnis. Dengan semakin masifnya pertumbuhan dalam dunia digital marketing, akan memberikan pula peluang baru yang bisa di jelajahi oleh para digital marketer. Pada intinya, jangan ketinggalan.

 

 

Join Us and Get Free Special E-Book Now!

No spam guarantee.

More Awesome Knowledge

3 thoughts on “Tren Digital Marketing 2017

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *