nugraha@grapost.com
cerita sukses mark zuckerberg

Mark Zuckerberg

Founder and CEO Facebook

Berawal dari keisengannya membuat web Facemash yang membuat server kampus Harvard kala itu down serta kejeniusannya dalam melakukan coding, Mark memiliki ide untuk membuat sebuah platform dimana bisa memberikan koneksi antar mahasiswa/i Harvard. Bersama sahabatnya Eduardo Saverin yang memiliki keahlian algorithm, mereka membangun sebuah website yang diberi nama TheFacebook dengan 70% saham milik Mark dan 30% milik Eduardo yang juga diangkat sebagai CFO. Mereka memulai bisnis tersebut dari kamar di asramanya (Kirkland)


Sempat dilanda permasalahan dengan Winklevoss karena masalah penjiplakan ide, Mark tidak menyerah dengan apa yang telah diperjuangkan bersama koleganya. Mark bersikeras bahwa dia tidak mencuri ide dari Winklevoss, Facebook adalah hasil ciptaan Mark bersama timnya dan tidak sedikitpun meniru atau menggunakan sistem yang digunakan Winklevoss. Permasalahan pun reda setelah Mark bisa memenuhi tuntutan dari Winklevoss.


Tingginya animo membuat mereka akhirnya memutuskan untuk menambah personil. Dustin Moskovitz, Chris Hughes dan Billy Olson diterima untuk menjadi bagian dari perusahaan tersebut. Tak sampai disitu, mereka juga bertemu oleh founder Napster, Sean Parker yang memberikan akses untuk memperluas jaringan dan mengubah namanya dari TheFacebook menjadi Facebook. Mereka sukses membesarkan Facebook hingga 1juta pengguna dan sekrang telah mencapai lebih dari 1,5 miliar pengguna di dunia.


Kini di usianya yang baru menginjak 33, Mark memiliki total kekayaan hingga $50 miliar dengan 28% kepemilikan saham Facebook. Sebuah prestasi besar bagi anak muda yang memulai bisnisnya dari sebuah kamar di asrama.


I started my business when I was 19, I did not know business back then”