nugraha@grapost.com
cerita sukses Jack ma

Jack Ma

Founder and Chairman Alibaba

Semua mengenal Jack Ma ketika filantropis asal negeri Tiongkok tersebut melakukan IPO (Initial Public Offering) ke NYSE dengan Alibaba nya . Seketika nama Jack Ma meledak terkenal sebagai salah satu orang terkaya di dataran China dengan kekayaan $25 miliar. Tahukah bahwa sebenarnya Jack Ma memulai kisah hidupnya sebagai seorang yang miskin dan tidak memiliki latar belakang keuangan yang cukup.


Sejak kecil Ma rajin untuk mencari pemasukan sendiri, dia menjadi tour guide para turis yang berjalan-jalan di kotanya, tepatnya di  Hangzhou. Nama ‘Jack’ pun dia dapatkan karena para turis memanggilnya begitu. Beranjak dewasa Jack Ma masuk ke perguruan tinggi keguruan di China. Setelah lulus dia mencari pekerjaan sebanyak-banyaknya termasuk penolakan yang dialaminya ketika mendaftar di KFC sebelum akhirnya mendapat pekerjaan sebagai guru dengan gaji $12.


Inspirasinya menjalankan bisnis online berawal dari ketika dia ingin mencari bir secara online tetapi tidak mendapatinya. Dari situlah Jack Ma memiliki inspirasi untuk menciptakan platform online bagi pelaku bisnis. tidak memiliki keahlian dalam bidang coding tidak membuatnya gentar. Jack mengumpulkan 17 temannya untuk membentuk sebuah tim dalam menciptakan bisnis marketplace. Dia berhasil meyakinkan investor dan mendapatkan pendanaan $25 juta. Tak sampai disitu, dia juga menciptakan Tao Bao sebagai platform saingan eBay.


Sukses IPO dengan nilai $150 miliar membuat Alibaba memecahkan rekor dengan nilai IPO terbesar sepanjang sejarah. Kini dia sudah melepas jabatannya sebagai CEO dan beralih menjadi chairman. Sukses Jack Ma bukan karena keberuntungannya, tetapi karena kegigihannya dalam belajar dan berusaha


“When KFC came to China… 24 people went for job, 23 were accepted. I was the only guy"