Startup atau Small Business?

Startup atau Small Business?

Apa perbedaan antara startup dan small business? masih banyak masyarakat yang salah mengimpretasikan startup sama dengan bisnis UKM. Lalu bagaimana kita tahu bahwa apa yang sedang kita kerjakan adalah sebuah startup atau small business?

Small Business

Informasi dari Business Insider mengatakan bahwa small business merupakan sebuah bisnis yang dimiliki oleh perseorangan atau swasta dengan jumlah karyawan yang sedikit. Kata ‘small’ berdefinisikan berbeda beda pada tiap negara. Di Indonesia sendiri kategori kecil salah satu pengertiannya berarti memiliki karyawan dari 4-100 pegawai, jika di Eropa 50 pegawai dan di Amerika sekitar 500 pegawai. small business juga bisa diklasifikasikan berdasarkan penjualan, keuntungan hingga aset.

small business adalah bisnis-bisnis konvensional seperti salon, toko roti, butik dll. Terkadang small business lebih sering menggunakan metode pemasaran old school seperti banner, iklan TV dibandingkan dengan sosial media dan internet.

Saat ini masih banyak jumlah pengusaha di Indonesia yang bertumpu pada small business. Tercata data dari Badan Pusat Statistik dalam tiga tahun terakhir mengatakan bahwa jumlah UMKM di Indonesia berada pada angka 56 juta.

Startup

Pada umumnya startup merupakan perusahaan yang masih baru dan sedang meriset dan mengembangkan baik produk atau pasarnya. kata Startup menjadi sangat terkenal setelah adanya dot-com bubble pada akhir tahun 90an. Startup lebih memiliki fokus pada pengembangan bidang teknologi dan memiliki spesialisasi pada bidang tersebut. Startup juga dikenal karena disruptive innovation nya.

Banyak perusahaan startup memulai perjalannya dari garasi. Microsoft pertama kali dibangun oleh Bill Gates di dalam sebuah garasi rumahnya bersama rekan kerjanya Paul Allen. Sama halya dengan Amazon ciptaan Jeff Bezos dan Google ciptaan Larry Page dan Sergey Brin. Mereka memulainya dari garasi dan kini menjadi perusahan-perusahaan paling berharga sejagat.

Di Indonesia sendiri ekosistem startup sudah mulai terbangun. Pemerintah mulai menggarap industri digital ini melalui Kemeninfo dengan total dana $1 miliar dengan potensi yang diperkirakan ditaksir mencapai $130 miliar pada tahun 2020. Maraknya pembiayaan pemodal ventura juga menjadi bukti bahwa startup merupakan masa depan Indonesia. Tech in Asia melalui laporannya menjelaskan hingga kuarter kedua tahun ini pendanaan startup di Indonesia mencapai 2,09 triliun rupiah dengan total jumlah kesepakatan investasi 28 startup. Jumlah ini merupakan yang paling besar dalam sejarah startup di Indonesia

Pada intinya startup juga sebuah bisnis karena mereka juga hidup dengan cara mengambil keuntungan baik dengan cara penjualan, iklan, data hingga subscribe dan freemium. Startup memiliki keunggulan dalam valuasi karena sering kali perusahaan-perusahaan Venture Capital bergerak cepat untuk menginvestasikan dananya kepada startup yang potensial mengingat tingkat return dari startup jauh lebih besar dibandingkan small business.

Mana Yang Berprospek?

Sebenarnya keduanya memiliki potensi yang sama-sama besarnya. Tinggal bagaimana sebuah bisnis harus memiliki visi untuk memperbesar skalanya dan mampu bersaing dengan para kompetitornya. Tetapi yang harus digaris bawahi adalah, walaupun small business, tetapi adaptasi terhadap teknologi tetap wajib dilakoni. Masih ingatkah dengan kasus Go-Jek atau Uber yang membabat Bluebird melalui teknologinya. Terlambatnya Bluebird dalam mengadopsi teknologi menjadi kesalahan fatal. Bluebird yang memiliki pendapatan senilai Rp4,2 triliun pada tahun 2015 (Bareksa) harus rela berbagi pangsa pasar dengan startup pendatang baru seperti Uber, Go-Jek dan Grab. Perusahaan besarpun tersaingi dengan adanya ‘inovasi yang mengganggu’ dari startup, apalagi para pelaku bisnis kecil. Maka dari itu penggunaan teknologi merupakan kewajiban bagi seluruh pelaku bisnis.

Bisnis bukanlah hanya tentang menciptakan barang dan jasa kepada konsumen. Baik small business atau startup harus mampu memberikan solusi kepada masyrakat. Semakin besar permasalahan yang mampu diselesaikan oleh bisnis, maka semakin berharga bisnis tersebut di mata konsumen.

Join Us and Get Free Special E-Book Now!

No spam guarantee.

More Awesome Knowledge

One thought on “Startup atau Small Business?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *