Prospek Bitcoin Dalam Sepuluh Tahun

Masyarakat Mulai Sadar

Bitcoin menjadi topik yang hangat diperbincangkan di tahun 2017 ini. Data YTD sejauh menyatakan bahwa Bitcoin mengalami 260% kenaikan pada harga dan 266% pada market capitalization nya. Mata uang digital ini sedang dalam area resistance nya di angka $2500 dan sedang menuju nilai tertingginya sepanjang sejarah (Bitcoin pernah menyentuh angka $2700 pada bulan Mei). Hal ini bukan karena sebab, banyak masyarakat di dunia sudah mulai sadar akan eksistensi Bitcoin sebagai salah satu instrumen keuangan yang akan merevolusi dunia keuangan. Mari kita ambil beberapa kasus terbaru,

  • Jepang telah melegalkan mata uang digital sebagai mata uang yang sah pada bulan April lalu, dimana hal ini menambah permintaan Bitcoin di Asia.
  • SEC (Security and Exchange Commission) Amerika Serikat sedang melakukan pengkajian terhadap Bitcoin sebagai Exchange-Traded Fund yang telah diajukan oleh Tyler dan Cameroon Winklevoss.
  • Negara lain seperti Australia, Russia hingga India sedang dalam upaya untuk melegalkan mata uang digital.

Melihat besarnya animo masyarakat mengenai Bitcoin, lalu sebenarnya bagaimanakah prospek Bitcoin dalam sepuluh hingga limabelas tahun kedepan?

Bitcoin Dalam Sepuluh Tahun

Saya akan mencoba menjelaskan secara singkat bagaimana prospek bitcoin dalam sepuluh hingga lima belas tahun kedepan.

Berdasarkan data dari  CNBC, Cryptocurrency secara keseluruhan diperkirakan akan mengambil alih 10% total nilai Average Daily Volume (ADV) dari mata uang fiat yang memiliki nilai $5 Triliun (Bank National Settlement). Jika dihitung, maka didapatkan hasil 10% x $5 Triliun = $500 Miliar.

Saat ini Bitcoin memiliki 45% dominasi di pasar Cryptocurrency jauh diatas yang lain, namun asumsikan Bitcoin akan memiliki 35% dari total Market Share seluruh Cryptocurrency pada sepuluh hingga lima belas tahun kedepan, maka akan ada $500 Milyar x 35% = $175 Miliar Bitcoin yang ditransaksikan setiap  harinya.

Menurut analis Bitcoin, Van-Petersen, beliau mengatakan bahwa Market Capitalization dari Bitcoin bisa menyentuh 10 kali lipat dari nilai transaksi hariannya yang berarti $175 Miliar x 10 = $1,75 Triliun dimana sekarang Market Capitalization baru berada pada angka $41 Miliar (data per 4 Juni 2017 dari coinmarketcap).

Bitcoin hanya memiliki suplai sebanyak 21 juta yang akan habis ditambang pada tahun 2140.  Diperkirakan akan ada 17 juta suplai Bitcoin hingga 10 tahun kedepan. (sekarang sekitar 16,3 juta)

Jika suplai 17 juta Bitcoin dibagi dengan Market Capitalization nya yang senilai $1,75 Triliun, maka dapat disimpulkan bahwa harga bitcoin dalam sepuluh hingga lima belas tahun kedepan bisa mencapai angka $100,000 atau sekitar Rp1,3 Miliar per Bitcoin.

Bitcoin Di Indonesia

Di Indonesia sendiri, Bitcoin sudah mulai disadari oleh masyarakat. Hingga saat ini, sudah ada kurang lebih 200 ribu lebih trader dan investor dalam dunia Cryptocurrency. Hal ini karena sudah adanya platform Marketplace jual dan beli Bitcoin di Indonesia yang memudahkan masyarakat untuk memulai, yaitu Bitcoin.co.id. Dengan keberadaan platform tersebut, masyarakat Indonesia bisa dengan mudah melakukan transaksi dan bahkan menyimpannya sebagai salah satu instrumen investasi.

Pada dasarnya kita memang tidak bisa memprediksi masa depan, tetapi jika kita akurat melihat data, fakta dan perkembangan teknologi, masih belum terlambat untuk turut berpartisipasi dalam dunia Cryptocurrency.

Join Us and Get Free Special E-Book Now!

No spam guarantee.

More Awesome Knowledge

3 thoughts on “Prospek Bitcoin Dalam Sepuluh Tahun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *