Kami Generasi Millennial

Mengenal Generasi Millennial

Generasi ini dikenal sebagai generasi yang susah untuk dimengerti baik dari sisi keinginan, kebutuhan hingga penilaian. Generasi kelahiran antara tahun 1982 hingga 2002 (Phil Howe dan William Straus, 2010) ini memang bisa dikatakan generasi yang misterius. Tetapi dibalik sosok misteriusnya, mereka juga dikenal sebagai generasi yang ambisius dan rela untuk bekerja keras demi mencapai tujuannya. Mereka selalu memiliki keyakinan bahwa apa yang mereka kerjakan akan memberikan dampak yang berarti bagi lingkungan sekitar. Generasi millennial sangat berbeda dengan generasi-generasi pendahulu mereka khusunya generasi baby boomers yang lahir dari tahun 1945-1960. Millenial cenderung lebih menginginkan adanya interaksi sosial dan kolaborasi team dalam tempat kerja mereka karena mereka merupakan generasi yang inovatif. Mereka suka ketika ditunjuk untuk mengekspresikan ide-ide dan gagasan mereka kepada orang lain. Selain itu, generasi millennial lebih termotivasi dengan diberikannya penghargaan dari orang-orang sekitar dibandingkan penghargaan berupa monetary reward.

Sang Millennial Suka Diberi Feedback

Mereka sangat terbuka terhadap masukan-masukan yang diberikan oleh orang lain. Saran dan informasi yang didapatkan mereka yakini berguna untuk perencanaan masa depan mereka baik dari sisi personal hingga pekerjaan. Mereka cenderung ingin belajar dari mentor-mentor yang lebih dahulu memiliki pengalaman lebih banyak. Data dari UrbanBound menyatakan bahwa 35% dari generasi millenial yang tidak menerima mentorship atau pelatihan dalam dunia kerja akan keluar hanya dalam jangka waktu 1 tahun.

Generasi Millennial Bukan Melulu Masalah Uang

Generasi millennial menginginkan pekerjaan dimana kreativitas sangat dihargai. Mereka merupakan generasi yang sangat kreatif dan sangat menghargai inovasi-inovasi baru.  92% dari generasi millennials yang di riset mengatakan bahwa kesuksesan tidak selalu bisa diukur melalui kekayaan tapi lebih kepada dampak yang bisa diberikan terhadap lingkungan. Mereka ingin dihargai atas kerja kerasnya dan diapresiasi karena telah memberikan perubahan positif dalam organisasi. Dan yang terakhir, faktor lain yang mereka inginkan dalam dunia kerja adalah pertumbuhan, they want growth and let them make an impact!

Berikan Kami Insentif

Walaupun penghargaan berupa uang bukan isu utama bagi generasi millennial, mereka tetap menginginkan adanya benefit yang lain yang unik. Unik dalam hal ini berarti bukan hanya benefit berupa asuransi ataupun keselamatan kerja, tetapi lebih kepada well-balanced life. Ambil contoh perusahaan seperti Google yang memberikan karyawannya makanan sehat gratis kapanpun, kemudian adanya ruang istirahat hingga tersedianya tempat olahraga. Semua hal tersebut didesain agar inovasi dan kreatifitas dapat dihasilkan oleh mereka. Generasi millennial lebih memilih tempat bekerja yang fleksibel dibandingkan uang. Jangan lupa, generasi millennial memiliki hobi travelling. Berikan mereka kesempatan untuk bekerja diluar sehingga mereka memiliki kesempatan untuk menjelajahi dunia.

Millennial Suka Tempat Bekerja Yang Kolabratif

Kenapa generasi millennial suka untuk bekerja pada perusahaan-perusahaan startup? karena iklim bekerjanya yang tidak kaku dan tidak birokratis. Mereka meyakini bahwa penggunaan celana jeans seharusnya diijinkan dalam dunia kerja. Mereka ingin hubungan kerja ibarat seperti hubungan pertemanan dimana mereka saling terbuka dalam bertukar pikiran tanpa perlu ragu-ragu jika melakukan kesalahan. Sebuah tempat kerja yang nyaman dapat memberikan kolaborasi yang nyama pula. Berikan millennial ruang bekerja nyaman maka mereka akan memberikan produktivitas.

We Are Tech Savvy!

Tidak bisa dipungkiri lagi bahwa generasi millennial merupakan generasi yang melek teknologi. Penggunaan teknologi dapat mempengaruhi produktivitas mereka dalam melakukan tugas dan pekerjaan. Mereka lebih memilih pertemuan dilakukan secara online dibandingkan dengan harus bertatap muka secara langsung karena tidak efisien. Fasilitas platform komunikasi merupakan salah satu kewajiban yang harus mereka miliki.

Pada Intinya…

Generasi ini memiliki motivasi yang lain. Mereka ingin bertumbuh, mereka ingin memberikan impact yang berarti dan mereka ingin memberikan perubahan. Jangan lupa berikan mereka feedback dan mentorship untuk perkembangannya serta berikan ruang kolaboratif  agar produktifitas tetap terjaga

 

Join Us and Get Free Special E-Book Now!

No spam guarantee.

More Awesome Knowledge

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *